29 C
East Java
Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda HEADLINE Ngetrek Bareng Tiap Sabtu & Minggu di Tawangsari

Ngetrek Bareng Tiap Sabtu & Minggu di Tawangsari

Ditengah dampak Pandemi Covid 19, banyak gantangan yang tutup. Tentu membuat kicaumania mencari tempat ngetrek untuk melatih gacoannya yang sudah lama vakum sekitar 2 bulan terakhir ini. Al hasil tempat latihan tersebut gampang dicari, dan jadwal ngetreknya tiap hari Sabtu dan Minggu di halaman kediaman tempat tinggal juri bernama Yudi Sinyo di Tawangsari Sidoarjo. Setidaknya dengan adanya tempat latihan bisa mengurangi kegundahan kicaumania dalam ngetrek gacoannya.

Meski sifatnya hanya ngetrek lantaran banyaknya burung yang dilatih kian meningkat bukan hanya dari Tawangsari sendiri tapi menjalar dari komunitas yang radiusnya sekitar 10 KM, maka Sinyo membagi jadwal ngetrek dalam dua hari (Sabtu, Minggu). Ada 3 jenis burung, yakni Cucak Ijo, Kacer dan muraibatu. Jadwalnya sekali latihan ada dua (kelas) jenis, hari Sabtu Cucak Ijo dan Kacer, Minggunya Murai dan Cucak Ijo. “Latihan ini dibuka mulai 11 siang, hingga selesai,” ucap Sinyo pada avesnews yang Sabtu (16/5) lalu berkunjung ke lokasi.

NGETREK BARENG. Melatih & mengurangi birahi yang sudah lama vakum berlomba

Meski tempatnya terbilang terbatas, yang hanya bisa ditempati beberapa ekor burung tapi animo komunitas burung yang hadir sering berjubel hingga tembus angka 30 ekoran tiap kelasnya, khususnya jenis murai dan ijo. Terkadang membuat pemilik lahan miris terhadap lingkungan karena terlihat banyak orang bergerombol. “Alhamdulillah, selama latihan aman-aman saja, meski saya cukup was-was karena berjubelnya orang-orang yang ingin melatih burungnya disini kuatir jadi sorotan warga sekitar,” ungkap juri senior dari gantangan ternama di Sidoarjo tersebut.

Sebenarnya tempat ngetrek tersebut sudah ada sejak sebelum wabah korona melanda, bahkan sudah jadi tempat tongkrongan para komunitas burung yang sering ngobrol-ngobrol sambil minum kopi atau minuman hangat lainnya yang kebetulan kediaman Sinyo sendiri berfungsi ganda selain sebagai tempat tinggal juga sebagai toko pakan burung dan sejenis warkop. “Silahkan ngetrek disini, asal tahu sikon karena situasinya Sidoarjo masih berlangsung PSBB,” pesan Sinyo dalam obrolan penutup.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular