25 C
East Java
Rabu, Januari 27, 2021
Beranda KICAUAN Siasati Ijo Stabil Ala Pimen : Selain Durasi Waktu Main Diperpanjang, Buah...

Siasati Ijo Stabil Ala Pimen : Selain Durasi Waktu Main Diperpanjang, Buah Harus Fresh

GANTI DUA KALI. Pemberian buah pisang pagi sore agar terjaga kesegarannya

Seiring dinamika perburungan yang kian ketat persaingannya, berbagai cara para pemandu bakat menyiasati hewan piaraannya agar tetap stabil di arena lomba. Salah satunya siasat yang diterapkan pemandu bakat, Pimen, yang sukses menjadikan Ijo Hacker andalan Kaji menuju puncak podium utama. Mungkin pengalaman ini bisa bermanfaat bagi pembaca setia avesnews. Berikut penjelasan panjang lebar Pimen soal pengalamannya.

Menurut Pimen pada avesnews mengawali rahasia suksesnya mainset ijo Hacker, kuncinya waktu main diperpanjang, yang biasanya 3 hari sekali, jadi seminggu baru turun lomba. Ternyata, dengan parkirnya diperpanjang, hasilnya kerja burung lebih stabil dan maksimal. “Sejak bulan September terapi ini saya mulai,” tandas pria anggota Liar Poll.

Bukan hanya itu, Cucak ijo menurut Pimen tidak bisa dibuat main secara terburu-buru (baca: dada’an), karena dampaknya kurang kerja maksimal, kalau bisa diusahakan hadir di lapangan lebih awal, sebab datang lebih awal di lapangan punya banyak waktu untuk setting burung. “Biasanya, tiba di lapangan, burung didiamkan sebentar lalu buka kerodong sembari diberi extra fooding seperti jangkrik, ataupun hongkong. Kalau cuacanya panas, kalau perlu dijemur barang sebentar, lalu dikerodong lagi,” sambungnya.

Sementara harian, pria yang juga pemandu Cendet pretasi ini mengaku, tidak beda dengan perawat pada umumnya, hanya saja Pimen tidak memperdulikan soal extra fooding yang menyesuaikan karater burung seperti perawat pada umumnya, semua dipukul rata soal penyajiannya, karena baginya pekerjaan yang sehari-harinya sebagai servis radiator mobil tidak bisa ditinggalkan. “Hobi burung hanya buat kesenangan belaka dikala waktu senggang,” ucapnya merendah.

Yang terpenting, santapan pagi sekitar jam 7 an, seperti buah pisang dan jangkrik sudah disajikan. Selain sangkar wajib bersih tiap harinya, buah seperti pisang penyajiannya dua kali dalam sehari. “Tujuannya agar buah pisang biar tetap fresh, habis tidak habis pagi sore harus diganti yang baru, kemudian disusul jangkrik 6 ekor pagi dan sore serta kroto dua tiga hari sekali,” tutur Pimen panjang lebar.

Faktor lain yang tidak kala pentingnya yakni mandi tapi soal mandi tidak bisa dipastikan waktunya kapan burung butuh mandi atau tidak, agar tidak penasaran bisa disediakan cepuk berisi air, sehingga sewaktu-waktu burung butuh mandi sudah tersedia. Namun jadwal mandi yang pasti, saat besoknya turun lomba (H-1). Itupun lihat cuacanya, bila musim kemarau mandinya sore hari, kalau musim penghujan seperti sekarang ini mandinya pagi hari.

Namun terapi mandi dalam cepuk jarang dilakukan, pertimbangannya membuat sangkar cepat kotor, karena Pimen lebih cenderung mandinya diluar sangkar dengan memakai semacam tenggaran seadanya, yang penting burung mau mandi. “Kebetulan mandinya Hacker suka memakai cepuk dari bahan batok kelapa, karena batok kelapa ukurannya lebih besar dan airnya lebih segar,” paparnya.

CH HACKER. Saat raih juara 1 di gelaran 1th Anniversary Pelangi BC

Ijo Hacker terbilang pendatang baru, sejak September, mulai terlihat kestabilannya dan merangkak terus pretasinya baik latberan maupun Latpresan, bahkan sempat ijo yang memiliki keistimewaan tarung jamtrok sembari bongkar lagu tengkek disambung prenjak putih, terkadang lagu tambahannya kenari dan kapas tembak ini, sempat dipinang 8 jutaan saat turun latpres di Surabaya silam tapi belum dilepas karena masih sayang. “Kelebihan lain, ijo yang terakhir turun di gelaran 1th anniversary Pelangi BC (6/12) lalu, raih juara 1 dikelas ijo A. tidak harus dikawal pemandunya, orang lain tidak soal, cukup dipandu dari jauh, karena settingan lapangan cukup gampang,” jelas Pimen yang diamini Kaji di obrolan penutup.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular